Welcome to Poltekbang Makassar
single
UPACARA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

No. Berita : HUMAS. 001/11/11/ATKPMKS-19

Makassar (Senin, 11/11) Wakil Direktur II Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar menggelar upacara Hari Pahlawan yang diperingati pada tanggal 10 November 2019. Upacara Hari Pahlawan pada tahun ini dilaksanakan di Lapangan Upacara ATKP Makassar. Upacara yang dimulai pada pukul 07.30 WITA tersebut dihadiri oleh seluruh civitas akademika ATKP Makassar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Wadir II Bapak Rusman, S.SiT., MT.

Dalam amanahnya Wadir II ATKP Makassar menyampaikan bahwa Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal 10 November 1945 terjadi peristiwa Pertempuran Surabaya. Peristiwa ini diawali oleh insiden perobekan Bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) di atap Hotel Yamato pada 19 September 1945. Kemudian Presiden Soekarno memerintahkan gencatan senjata pada 29 Oktober 1945. Lalu pertempuran melawan Tentara Sekutu (Inggris dan Belanda) kembali pecah pada 30 Oktober 1945 dan puncaknya terjadi pada 10 November 1945. Dalam pertempuran tersebut Bung Tomo berpidato membakar semangat rakyat Surabaya. Beberapa petikan pidato Bung Tomo yaitu " Inilah jawaban kita, jawaban pemuda-pemuda rakyat Indonesia. Hai Inggris, selama banteng-banteng, pemuda-pemuda Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membuat secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan menyerah. Teman-temanku seperjuangan, terutama pemuda-pemuda Indonesia, kita terus berjuang, kita usir kaum penjajah dari bumi kita Indonesia yang kita cintai ini. Sudah lama kita menderita, diperas, diinjak-injak". Saat itu rakyat Indonesia melawan Tentara Sekutu yang berjumlah 15.000 orang. Sejumlah 6000 orang lebih rakyat Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut. Karena begitu besarnya jumlah korban jiwa rakyat Indonesia yang gugur itulah kemudian pada tanggal 16 Desember 1959 Presiden Soekarno menetapkan tanggal 10 November 1945 sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959.

Upacara memperingati Hari Pahlawan dilaksanakan tidak hanya untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan namun juga untuk memberikan semangat dan kesadaran bagi generasi masa kini "Generasi Millenial" akan pentingnya nilai-nilai kepahlawanan sebagai salah satu modal utama untuk membangun berkarya memajukan bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing. Terus berprestasi dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

HUMAS ATKP Makassar
Jurnalis: Abdul Salam, Asmaul Husna & Andri K.
Fotografer: Andri K. dan Aksalam
E-mail: info@atkp-makassar.ac.id
Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar
Jalan Salodong No. 1 Untia Biringkanaya Makassar 90241

Selamat Datang di Politeknik Penerbangan Makassar

Leave Comments